Thursday, June 21, 2012

Aku Tak Pernah Tau Ya Allah

Jika saja kematia dapat kucatat dalam buku harianku..
Jika saja maut dapat kusimpan dalam memoryku..
Dan jika saja aku dapat mengatur waktu atasnya..
Kenapa masih saja jiwa ini melakukan dosa-dosa..

Aku tak pernah tau Ya Allah..
Kapan nyawa ini Engkau ambil dariku..
Engkau ambil semua yang Engkau titipkan kepadaku..

Aku tak pernah tau Ya Allah..
Penglihatan ini..
Hati ini..
Pikiran ini..
Udara ini..
Pendengaran ini..
Ucapan ini..
Dan semua dunia ini..
Dunia yang kuangungkan..
Dan dunia yang selalu kujunjungkan..

Aku tak pernah tau Ya Allah..
Ketika Engkau meminta 'titipan' itu kembali..
Aku tak mampu meminta kembali..
Hanya bagaimana ibadahku..
Bagaimana sholatku..
Bagaimana baktiku kepada orang tuaku..
Dan bagaimana aku patuh atas segala perintah-Mu..

Ya Allah..
Jangan jauhkan aku dan hatiku dari sajadah-Mu..
Jangan lepaskan kata-kataku dari ayat-ayat Al-Qur'anmu..
Jangan Engkau ambil Ridho-Mu atas diriku dan keluargaku...
 Ingatkan kami ya Allah..
Ingatkan kami, bahwa dunia hanyalah titipan-Mu..
Yang akan Engkau minta kembali tanpa kami tau..

Ampuni kami ya Robb..
Ampuni setiap detik yang terlewat peenuh dengan dosa..
Ampuni hidup kami yang kini mungkin banyak sia..
Ampuni umur kami yang telah merangkum banyak dusta..
....إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ

***
Andai kematian itu kita ketahui, akan lebih semena-mena kita terhadap dunia. Andai kematian adalah jadwal yang dapat kita lihat, akan semakin jahatlah kita. Seberapa sering kamu memikirkan kematianmu? Atau bahkan kamu tidak pernah memikirkannya? Tentu saja, pikiranmu sudah penuh dengan bagaimana keadaan pacarmu hari ini, udah makan belum dia hari ini, lani ngapain hari ini, rindukah dia denganmu hari ini. Bagaimana jika di hari ini kamu harus mempertanggungjawabkan duniamu kepada Tuhanmu.. Sudah seberapa sering kamu memikirkannya?

Semoga Allah selalu melindungi kita dari lalainya akan kematian, kematian itu pasti, tapi hati kita tak pasti memikirkannya.. Menyedikan bukan diri ini?

-Puisi untuk sahabatku yang ayahandanya meninggalkan dunia ini siang tadi, semoga Allah memberi ampunan untuk beliau, Amin..-

3 comments: